Bagaimana Menggunakan Lagu Untuk Mengajar Bahasa Inggris

Guru ESL dapat menggunakan lagu untuk mengajar bahasa Inggris kepada siswanya dengan sangat sukses. Lagu ESL dapat membawa energi ke kelas, meningkatkan kepercayaan diri siswa, dan memberikan pengalaman belajar aktif yang sangat dibutuhkan bagi siswa yang lebih muda yang mungkin mudah bosan atau terganggu. Mereka bagus untuk menambah motivasi dan kegembiraan dalam rutinitas kelas Anda!

Mengintegrasikan Bahasa melalui Lagu

Anak-anak mendengar kalimat lengkap saat mereka mendengarkan lagu; ini membantu mereka mempelajari dan mengingat kata dan frasa saat mereka secara tidak sadar memahami tata bahasa dan sintaksis. Ini menuntun mereka untuk secara alami menggunakan kosakata baru mereka dalam konteks alih-alih suku kata atau kata-kata yang terisolasi.

Pengulangan Melalui Lagu

Lagu yang ‘terjebak’ di kepala siswa Anda mengarah pada siklus pembelajaran yang konstan – semakin mereka mendengar lagu dan memikirkannya, semakin mudah bagi mereka untuk mempelajari semua kata dan artinya. Lagu adalah alternatif yang bagus dan menarik untuk pemahaman bacaan standar, karena memungkinkan anak untuk terlibat secara aktif.

Manajemen Kelas yang Lebih Baik dengan Lagu ESL

Lagu-lagu berbahasa Inggris juga dapat membantu menenangkan kelas yang mengasyikkan atau mengganggu – cukup putar musiknya dan Anda akan kagum pada betapa cepatnya anak-anak akan tenang. Mereka juga dapat membawa semangat baru untuk hidup dan kepercayaan diri kepada sekelompok siswa yang kesulitan dan kewalahan. Cukup umumkan waktu bernyanyi, dan lihat siswa bersemangat dengan penuh minat.

Untuk mendengarkan lagu secara offline di smartphone, Anda bisa download lagu mp3 di situs Gudang Lagu Stafaband yang bisa download lagu super cepat dan terbaik, gratis dan terpercaya.

Lagu untuk Pengajaran Bahasa Inggris Mencakup semua Gaya Belajar

Bahasa adalah salah satu mata pelajaran yang paling kompleks, dan bahasa Inggris salah satu bahasa yang paling rumit. Lagu membantu guru menarik lebih banyak gaya belajar:

Pelajar auditori dengan mudah belajar dari lagu – ritme dan ungkapan menyediakan sarana yang sempurna untuk mengajarkan kosakata dan pengucapan, serta menyampaikan kata-kata dalam konteks.

Pelajar kinestetik dan taktil bisa mendapatkan keuntungan dari tindakan yang ditambahkan ke lagu; bekerja dengan melodi, ritme, dan lirik untuk memberikan tindakan yang akan membantu siswa ini menyerap pengetahuan dengan cara yang paling masuk akal bagi mereka.

Pelajar visual dapat dibantu dengan gambar cerita atau flashcards kosakata yang berkaitan dengan lagu tersebut, serta dengan melihat siswa lain dan bergabung dalam tindakan yang cocok dengan kata-kata yang berbeda.

Lagu Membangun Kepercayaan Diri dan Membuat Pembelajaran Menyenangkan

Lagu ESL memberi anak-anak kesempatan untuk belajar dengan kecepatan mereka sendiri di dalam kelompok – alih-alih dipilih, mereka dapat mendengarkan dan berpartisipasi dengan kecepatan mereka sendiri, bergabung saat mereka bisa dan belajar dari kelompok di sekitar mereka. Mereka bisa merasa nyaman karena semua orang juga berkonsentrasi pada pelajaran, dan perlahan-lahan akan membangun keberanian untuk menambahkan kata-kata baru ke kosakata mereka dan melatih pengucapan mereka secara alami.

Fakta bahwa lagu itu menyenangkan berarti siswa Anda akan termotivasi untuk bekerja lebih keras dalam mengantisipasi waktu bernyanyi. Bernyanyi merupakan kegiatan yang energik yang akan dengan mudah menarik perhatian siswa, terutama jika dilakukan gerakan tangan dan tubuh.

Lagu bisa menjadi alat bantu ingatan yang bagus; melodi dan gerakan membuatnya lebih mudah untuk mengingat kata-kata, dan konteksnya memberikan bantuan dalam penggunaan tata bahasa dan sintaksis yang benar. Lagu memiliki cara yang luar biasa untuk ‘melekat di kepala Anda’, dan dalam kasus pelajar bahasa Inggris, ini adalah hal yang luar biasa.

Hambatan dalam Menggunakan Lagu untuk Mengajar Bahasa Inggris

Banyak lagu berbahasa Inggris terlalu cepat dan rumit untuk digunakan sebagai alat pengajaran. Jika kata-kata diucapkan begitu cepat sehingga anak-anak tidak dapat membedakannya, akan membutuhkan terlalu banyak pengulangan untuk mencoba dan menguraikan liriknya, yang menyebabkan frustrasi dan kekalahan.

Selain itu, rata-rata lagu bahasa Inggris memiliki terlalu banyak kata untuk dipelajari secara realistis, dan tingkat kesulitan kata tersebut akan sangat bervariasi. Jika kata-katanya terlalu keras, Anda memiliki masalah yang sama seperti yang dinyatakan di atas – memainkan lagu itu berulang kali sementara siswa menjadi gelisah dan kewalahan.

Satu kendala lagi adalah banyak lagu bahasa Inggris populer berisi konten yang mungkin tidak pantas untuk anak-anak atau mungkin menyinggung budaya yang berbeda. Jadi bagaimana Anda mengatasi kendala tersebut?

Memilih dan Menerapkan Lagu untuk Pengajaran Bahasa Inggris

Menemukan lagu yang tepat untuk digunakan di kelas Anda sangatlah penting. Orang dengan terlalu banyak kata, melodi yang terlalu cepat, atau konteks yang sulit dipahami hanya akan membingungkan siswa Anda. Ini benar-benar akan menghancurkan semua manfaat positif yang dimiliki lagu dan menurunkan semangat siswa Anda karena mereka akan gagal daripada berhasil.

Yang benar-benar Anda butuhkan adalah lagu yang telah dibuat khusus untuk pengajaran ESL. Simpan lagu-lagu Inggris biasa untuk musik latar saat Anda melakukan aktivitas atau permainan lain, dan pilih sesuatu yang berulang-ulang dengan kata-kata dan ungkapan sederhana untuk bernyanyi bersama.

Anda bisa mulai mengajar kosakata dengan kartu flash. Ini adalah pendekatan yang baik untuk anak kecil (usia 3-4 tahun). Begitu mereka mulai mengenali kata-katanya, Anda dapat memperkenalkan tata bahasa kunci dan mulai menggunakan kosakata baru dalam konteks kalimat dan / atau frasa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *