Tips Keamanan Sepeda untuk Penunggang Berat

Aman di atas sepeda hampir sepenuhnya ada di tangan Anda. Tips keselamatan sepeda berikut untuk pengendara berat sebenarnya sangat sederhana dan mendasar, tetapi tidak diragukan lagi penting untuk membantu Anda menjadi pengendara sepeda yang efektif, terampil, dan aman.

1. Hal pertama yang perlu Anda ketahui untuk memiliki bersepeda yang aman adalah mengendalikan sepeda Anda. Ada banyak kecelakaan sepeda yang hanya melibatkan pengendara sepeda itu sendiri. Anda perlu mengetahui cara mengontrol sepeda dengan terampil saat Anda mulai atau berhenti, dan saat Anda berbelok. Dengan cara ini Anda lebih mungkin terhindar dari jatuh.

2. Dan tentu saja, mengetahui dan mengikuti peraturan jalan adalah hal penting dan sangat diperlukan lainnya. Di antara tips keselamatan sepeda, ini mungkin yang paling mendasar. Di seluruh 50 negara bagian Amerika, sepeda dianggap sebagai kendaraan legal. Ini berarti Anda wajib mematuhi peraturan lalu lintas, hukum, sinyal, dan rambu. Manfaatkan jalur paling kanan menuju arah tujuan Anda. Gunakan jalur yang benar saat berbelok. Berhati-hatilah dan waspada saat Anda melewati persimpangan karena di sinilah kebanyakan sepeda terjadi kecelakaan. Saat Anda mendekati sebuah persimpangan, pastikan Anda berada di jalur yang benar dan jangan lupa untuk memanfaatkan sinyal tangan kanan. Saat Anda berbagi jalur sepeda dengan pengendara sepeda lain, tetap waspada dan amati prosedur bersepeda kelompok yang benar. Selain sinyal tangan, Anda juga bisa menggunakan sinyal suara. Pengendara sepeda dalam kelompok besar lebih cenderung saling menabrak dibandingkan dengan kendaraan bermotor.

3. Anda harus tahu cara mengelola elemen berbahaya dengan terampil. Dari semua tips keselamatan sepeda, ini mungkin yang paling menantang bagi pengendara berat karena membutuhkan waktu untuk mempelajari dan menguasai trik dan manuver seperti berhenti cepat, berbelok cepat, dan menghindar cepat. Anda membutuhkan keterampilan tersebut untuk menghindari rintangan berbahaya seperti batu atau bebatuan, kaca, genangan air, puing dan lain-lain; atau untuk menghindari kesalahan yang dilakukan oleh pengendara. Dalam lalu lintas padat, tindakan mengelak dapat memaksa Anda masuk ke jalur kendaraan lain. Jika tidak aman untuk berbelok atau menghindar, Anda harus mengetahui keterampilan mengendarai rintangan. Namun, jangan berkendara melalui atau tiba-tiba berhenti di kondisi tanah yang berbahaya seperti kerikil, pasir, atau minyak yang licin. Jika tidak, Anda akan kehilangan kendali atas sepeda dan kecelakaan.

4. Selalu siap; dan salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan menjaga agar kedua tangan Anda siap untuk mengerem. Jika Anda mengerem hanya dengan satu tangan, Anda mungkin tidak dapat mengerem tepat waktu. Beberapa kecelakaan sepeda disebabkan karena tidak dapat mengerem pada waktu yang tepat. Jika Anda menginjak rem terlalu cepat atau terlambat, hal-hal buruk bisa terjadi, jadi selalu bersiaplah. Karena rem tangan kurang efektif saat berkendara di permukaan basah, berikan jarak ekstra saat Anda harus berhenti di tengah hujan.

5. Salah satu penyebab kecelakaan sepeda adalah dengan menggunakan sepeda yang tidak cukup kokoh untuk membawa beban 200 pound atau lebih. Ban, pelek, dan rangka sepeda biasa kemungkinan besar aus lebih cepat daripada dirancang khusus sepeda yang untuk pengendara berat. Anda akan memiliki peluang lebih besar untuk jatuh atau jatuh jika sepeda Anda tidak sesuai dengan ukuran dan berat tubuh Anda. Selain itu, karena Anda cenderung bergerak sedikit lebih lambat daripada pengendara yang lebih ringan, pilih sepeda dengan pedal yang lebih rendah dan lebih panjang. Sepeda semacam itu akan memungkinkan Anda menginjakkan satu kaki di tanah lebih cepat dan dengan sedikit tenaga seandainya Anda harus berhenti tanpa menggunakan rem tangan.

Akan sulit menemukan sepeda di pusat perbelanjaan yang lebih kuat dan lebih dapat diandalkan daripada sepeda biasa, jadi sebaiknya pertimbangkan untuk membeli sepeda rakitan khusus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *